Gelar Sarjana Jaminan Kesuksesan?

SEMARANG, cahUnnes.com - Adakah diantara kamu mengejar gelar sarjana untuk peluang karir dan kehidupan yang lebih baik? Ternyata tidak sedikit orang yang sukses tanpa memiliki gelar sarjana.

Seperti dilansir Okezone, Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Yuliandre Darwis PHd, fenomena yang terjadi tersebut tidak bisa menjadi tolak ukur bahwa orang yang tidak sekolah pun akan berhasil.

Namun, Andre menilai mereka yang berhasil tanpa proses sekolah memiliki kemampuan lain yang bisa mendukung kerja keras mereka. "Ada nilai lain, mungkin mereka punya softskills yang tepat." ungkapnya.

Meski demikian, jika mengukur kesuksesan dalam parameter keilmuan, maka tentunya kita perlu untuk terus mencari ilmu. Andre menilai, kita perlu memiliki keahlian dalam bidang tertentu melalui proses belajar formal. Apalagi, imbuhnya, penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tidak hanya membutuhkan kesarjanaan, tetapi juga kompetensi.

"Misalnya apakah kita berhak melamar menjadi seorang public relations (PR) jika kita sarjana ekonomi? Makanya perlu tes dulu sebagai seorang PR," tambah Andre.

Dia berharap, sarjana-sarjana Indonesia bisa memiliki hard skill dan soft skill yang diperkuat saat masuk ke perguruan tinggi. "Dengan begitu, bisa membentuk karakter menjadi seorang sarjana yang benar-benar siap pakai baik di masyarakat, industri, maupun dunianya sendiri," tutupnya.

YUNI/Okezone

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama