Panduan Pelaksanaan PPL Unnes

Salah satu tugas Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah menghasilkan tenaga akademik, profesi, dan vokasi yang memiliki kompetensi unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga berwawasan konservasi. Salah satu cara untuk menghasilkan tenaga profesi yang memiliki kompetensi unggul adalah melalui penyiapan calon guru dan calon tenaga kependidikan yang berwawasan konservasi yang memiliki karakter kuat dan memiliki kemampuan akademik yang baik. Calon tenaga kependidikan sebagai calon guru mata pelajaran, calon guru BK calon tenaga guru pembimbing, calon tenaga pengajar, calon pamong belajar, calon tenaga pelatih, dan calon tenaga kependidikan lainnya wajib mengikuti proses pembentukan kompetensi melalui kegiatan PPL. Tenaga kependidikan terdapat di jalur pendidikan sekolah dan dijalur pendidikan luar sekolah.

Jenis-jenis PPL Unnes


Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan di lapangan sebagai latihan menerapkan teori yang diperoleh dalam semester-semester sebelumnya di kelas sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah mitra atau tempat latihan lain.

PPL terdiri atas PPL reguler dan non reguler. PPL non reguler (PPL Antarbangsa, PPL PPG, dan lain-lain) diatur dalam ketentuan khusus.

Ruang Lingkup PPL Unnes


Kegiatan PPL meliputi: peer-teaching, pembekalan, observasi dan orientasi, praktik mengajar, praktik administrasi, praktik bimbingan dan konseling serta kegiatan yang bersifat kokurikuler dan atau ekstra kurikuler yang berlaku di sekolah/lembaga terkait.

Persyaratan Peserta PPL Unnes


Mahasiswa Unnes yang akan mengikuti PPL harus memenuhi syarat:
1. menempuh minimal 110 sks dibuktikan dengan KHS dan KRS pada
semester enam;
2. mendaftarkan diri sebagai calon peserta PPL secara online;
3. lulus mata kuliah micro teaching/mata kuliah belajar-mengajar;
4. praktikan PPL 2 harus telah melaksanakan PPL 1.

Pedoman Pelaksanaan PPL Unnes


Untuk informasi lengkap seputar kegiatan PPL Unnes, silakan mengunduh file Pedoman Pelaksanaan PPL Unnes disini.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama