25 Calon Menwa Unnes Ikuti Pradiksar

Advertisement

25 Calon Menwa Unnes Ikuti Pradiksar

Kamis, 17 Oktober 2019

Resimen Mahasiswa (disingkat Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertaruhkan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa).

Anggota Menwa (wira) di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung di bawah rektorat.

Baru-baru ini sebanyak 25 calon Menwa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti Pra Pendidikan Dasar (Pradiksar).

Upacara pembukaan Keprajuritan Yudha XLIII oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) Dr Abdurrahman MPd, Minggu (13/10) di LP2M kampus Unnes Sekaran Gunungpati.

"Keberadaan Menwa di Unnes memang penting karena ditutut selalu siaga di setiap kondisi. Selain itu, harus mampu menjaga keunggulannya dalam bidang akademik maupun non akademik," kata Abdurrahman.

Selesai Upacara Pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Kemenwaan oleh Kepala Staf Menwa Mahadipa Jawa Tengah dan materi Bela Negara serta Kepemimpinan oleh Pembantu Letnan Satu Mulyadi dari Koramil Gunungpati, Semarang.

Dalam kesempatan ini juga hadir pejabat Unnes, Muspika Muspida Jawa Tengah, Alumni Menwa Batalyon 902, dan Menwa dari Perguruan Tinggi lain di Semarang.