Empat Keunggulan Yang Perlu Dimiliki Wisudawan Unnes


SEMARANG, cahunnes.com - Para Ilmuwan seperti Robert Putman dan Pierre Bourdieu memformulasikan bahwa keunggulan personal seseorang setidaknya dapat dikategorikan dalam empat jenis. Keunggulan tersebut dalam hal intelektual, sosial, finansial dan simbolik. Demikian disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Fathur Rokhman MHum saat memberikan sambutan pada Wisuda ke-99, Selasa (29/10/2019) di Auditorium Prof Wuryanto, Kampus Sekaran.

Lebih lanjut Prof Fathur menjelaskan bahwa keunggulan intelektual berkaitan dengan pengetahuan, wawasan dan kepekaan dalam menyikapi persoalan konkret di masyarakat. Menurutnya anak-anak muda yang memiliki keunggulan intelektual bukan hanya memahami realitas tetapi juga dapat memformulasikan tindakan konkret untuk menyikapinya.

"Dalam menghadapi persoalan di masyarakat, intelektual selalu terdorong menjadi bagian dari solusi," katanya.

Adapun keunggulan sosial berkaitan dengan kemampuan bekerja sama, berkolaborasi, membangun kemitraan dan persahabatan dengan pihak lain, seluas-luasnya. Keunggulan sosial juga berkiatan dengan trust atau kepercayaan publik terhadapnya. Semakin besar keunggulan sosial seseorang maka peran dan maknanya dalam masyarakat semakin signifikan.

Sementara itu keunggulan finansial berhubungan dengan kemampuan untuk memainkan peran yang lebih besar di masyarakat. Orang Jawa mengatakan “Jer besuki mawa bea” yang menunjukkan kesadaran bahwa cita-cita memerlukan dukungan sumber daya.

Terakhir keunggulan simbolik, adalah kemampuan seseorang untuk memberikan men-delivered pesan kepada publik melalui berbagai instrumen simbolik yang memungkinkan. Dengan keunggulan ini, anak muda dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat lebih besar.

Pewarta: Bukhari
Foto: Situs Resmi Unnes
Lebih baru Lebih lama