Puluhan Ribu Pendaftar Seleksi Mandiri Unnes Rebutkan 1.288 Kursi

Advertisement

Puluhan Ribu Pendaftar Seleksi Mandiri Unnes Rebutkan 1.288 Kursi

Jumat, 31 Juli 2015

SEMARANG, cahUnnes.com - Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (Unnes) sudah ditutup beberapa waktu lalu. Sebanyak 17.855 peminat akan bersaing merebutkan 1.288 kursi yang disediakan pihak Unnes. Jumlah itu akan bertambah jika ada peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dinyatakan diterima, tidak melakukan daftar ulang.

[irp posts="3775" name="Ayo Daftar! Unnes Sediakan 1.288 Kursi Melalui Seleksi Mandiri"]

Peminat Seleksi Mandiri Unnes berasal dari berbagai progam, antara lain Sosial Humaniora serta Sains dan Teknologi. Rincian peminat yang telah mendaftar terdiri dari 5.762 peminat 22 program Sains dan Teknologi untuk jenjang Diploma 3 dan Strata 1. Sebanyak 12.093 peminat 45 program Sosial Humaniora untuk jenjang Diploma II dan Strata 2. Dari keseluruhan jumlah pendaftar, terdapat 1.877 peminat yang mendaftar melalui jalur beasiswa penuh Bidikmisi.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Dr Rustono MHum mengemukakan belum seluruh pendaftar Seleksi Mandiri Unnes melakukan cetak kartu. Hingga Rabu (29/7/2015) pukul 17.45, jumlah peminat yang sudah melakukan cetak kartu mencapai 8.908. Sementara jumlah yang sudah melakukan pembayaran mencapai 7.947.

"Sampai dengan hari ini masih diperbolehkan untuk cetak kartu," kata Rustono.

(Bersambung ke hlm. 2)

Prosedur Seleksi


Rustono mengatakan potensi peningkatan peserta hingga final mencapai 9.832. Lebih lanjut Rustono menjelaskan, jumlah peserta dihitung dari para pendaftar yang melakukan pembayaran biaya pendaftaran secara online dan telah mendapatkan nomor PIN.

Terkait prosedur Seleksi Mandiri Unnes, Rustono menjelaskan Seleksi Mandiri Unnes seperti halnya SBMPTN beberapa waktu yang lalu. Seluruh peserta akan menjalani ujian yang tediri dari tes kemampuan dan potensi akademik pada 2 Agustus 2015.

"Peserta juga wajib mengikuti tes kemampuan dasar sesuai dengan program yang dipilih. Bagi peserta program Seni dan Olahraga, peserta akan melaksanakan ujian keterampilan pada 3 Agustus 2015," ungkap Rustono.

Rustono menghimbau kepada seluruh peserta Seleksi Mandiri Unnes agar tidak melewatkan setiap prosedur seleksi.

Rektorat Unnes 2

(Bukhori)