Logo dan Makna Lambang Unnes


Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai salah satu kampus bergengsi di Indonesia memiliki logo sebagai identitas visual lembaga. Logo Unnes Sebagai suatu identitas visual, logo memiliki bentuk, warna, dan filosofi.


Lantas bagaimana bentuk logo dan makna lambang Unnes? Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas sejarah logo Unnes, bentuk logo unnes, dan makna logo unnes.



Sejarah Logo Unnes 


Unnes adalah salah satu perguruan tinggi negeri dibawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) Republik Indonesia. Fungsinya untuk melaksanakan pendidikan akademik dan profesional dalam berbagai bidang/ disipli ilmu, seni, budaya, olahraga dan teknologi.


Sebelum berganti status menjadi universitas, perguruan tinggi ini dikenal dengan nama IKIP Semarang yang berdiri pada tahun 1965 di Kota Semarang. Pada saat awal berdiri IKIP Semarang memiliki enam fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas pendidikan Olahraga dan Kesehatan, dan Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 


IKIP merupakan kepanjangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. IKIP Semarang sebagai sebuah institusi memiliki logo tersendiri. Adapun logo IKIP Semarang seperti terlampir pada gambar di bawah ini.


Logo IKIP Semarang



Makna lambang/ logo Unnes tahun 1999 - 2015


Pada tahuan 1999 nama IKIP Semarang berubah menjadi Universitas Negeri Semarang berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang, Bandung dan Medan menjadi universitas.


Dengan adanya perubahan nama dari IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang, maka logo perguruan tinggi ini pun ikut berubah. 


Adapun logo Unnes pada awal perubahan nama seperti terlampir pada gambar di bawah ini.


Logo Unnes 1999 - 2015


Adapun makna dari lambang Unnes tahun 1999 - 2015 adalah sebagai berikut:


1. Lambang paling dasar adalah siluet bunga teratai mekar, berpola bundar dengan 5 mahkota bunga, bercorak gelap serta berbingkai kuning emas. Lambang tersebut memiliki arti filsafat Pancasila dan persatuan sebagai falsafah hidup Unnes.

2. Sayap terkembang bercorak kuning emas dengan 6 helaian, bermakna Unnes tumbuh dan bermula dari 8 fakultas.

3. Pencitraan siluet Tugu Muda di bagian tengah yang diapit kedua sayap menggambarkan Kota Semarang sebagai tempat Unnes berdiri/ terletak.

4. Bokor kencana berwarna kuning emas tempat pijakan sayap, bermakna kampus Unnes sebagai warada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga dan seni.

5. Kuncup bunga bersusun 4, bercorak putih, merah, serta kuning, bermakna Tri Dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pembelajaran, riset, dan pengabdian masyarakat.

6. Tulisan Universitas Negeri Semarang berwarna putih memiliki arti kesucian dedikasi, serta kebenaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan, seni, teknologi, serta olahraga.

7. Tulisan UNNES berwarna merah bermakna semangat dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga.



Makna Logo Unnes Tahun 2015 - Sekarang


Pada Agustus tahun 2015, Unnes meluncurkan logo baru yang melambangkan semangat inovasi sebagai Universitas Konservasi.


Perubahan ke logo baru sekaligus menjadi jawaban atas perkembangan dunia yang dinamis beserta tantangannya. Sebagai perlambangan, logo baru Unnes menjadi simbol transformasi Unnes dalam berbagai bidang.


Jika dibanding logo sebelumnya, logo baru Unnes tidak mengalami perubahan secara total. Terdapat identitas yang masih dipertahankan dan dilestarikan. Elemen baru ditambahkan untuk menggambarkan semangat Unnes dalam mendidik anak muda generasi bangsa secara lebih dinamis dan modern.


Adapun logo baru Unnes 2015 seperti terlampir pada gambar di bawah ini:

Logo Unnes Terbaru


1. Elemen kuncup bunga teratai berhelai 3 bercorak merah serta putih, menggambarkan semangat Unnes dalam berinovasi menuju Perguruan Tinggi bertaraf internasional berlandaskan Pancasila, UUD 1945, serta Tri Dharma Perguruan Tinggi.

2. Sayap mengepak bercorak kuning emas berhelai 8 menggambarkan Unnes yang dinamis dengan berbasis pada 8 nilai konservasi. 8 nilai konservasi ialah: inspiratif, humanis, kepedulian, inovatif, kreatif, sportif, kejujuran, serta keadilan.

3. Siluet Tugu Muda yang diapit oleh 2 kepakan sayap melambangkan semangat perjuangan serta bukti diri Unnes yang berasal dari Semarang. Lambang tersebut bermakna, Unnes hendak berkembang serta tumbuh baik secara lokal, nasional, ataupun internasional tanpa meninggalkan konteks sosialnya.

4. Tulisan UNNES serta Universitas Negara Semarang bercorak biru melambangkan kemuliaan selaku rumah ilmu pengembang peradaban unggul yang memperkenalkan kebermanfaatan untuk semesta. 

Demikian yang dapat kami uraikan terkait sejarah dan perkembangan logo Unnes dari masa ke masa.



Logo Unnes Tanpa Background


Seringkali sebagai mahasiswa membutuhkan logo Unnes transparan untuk keperluan tampilan di slide presentasi atau media lainnya. Adanya background warna putih di sekitar logo, bagi sebagian mahasiswa dirasa mengganggu ketika diimplementasikan pada banner dan media lainnnya.


Logo Unnes transparan ini biasa juga disebut dengan logo Unnes png atau logo Unnes vector yang dapat diimplementasikan pada slide presentasi dan seterusnya. Untuk itu kami lampirkan logo Unnes dalam berbagai versi yang dapat mahasiswa gunakan sesuai keperluan.



Download Logo Unnes HD

Download Logo Unnes HD

Download Logo Unnes HD



Download Logo Unnes PNG



Download Logo Unnes Vector (.cdr)


Download Logo Unnes .cdr



Download Logo Unnes Hitam Putih

Download Logo Unnes Hitam Putih

Download Logo Unnes Hitam Putih




Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama