Kembangkan Green Campus, UNS Sambangi Universitas Konservasi

Advertisement

Kembangkan Green Campus, UNS Sambangi Universitas Konservasi

Jumat, 07 Agustus 2015

SEMARANG, cahUnnes.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus berbenah mewujudkan lingkungan yang sehat, nyaman dan ramah lingkungan. Sejumlah pembangunan fisik dilakukan untuk menuju green campus, seperti penanaman pohon, pembangunan pedestrian sepanjang 1,5 km, dan sejumlah taman dibeberapa lokasi.

Selain itu, UNS juga mengirim 15 anggota Tim Green Campus yang dipimpin Prof Dr Okid Parama Astirin untuk menimba ilmu di Universitas Negeri Semarang, Rabu (15/8/2015).

Ketua Badan Pengembang Konservasi Unnes Prof Dr Dewi Liesnoor Setyowati MSi mengungkapkan konservasi Unnes bermula dari sebuah gerakan yang kemudian berinovasi dan dikembangkan secara keilmuan. Ia menjelaskan, Unnes telah melakukan beberapa langkah untuk mewujudkan Unnes sebagai Universitas Konservasi, diantaranya mengurangi aktifitas kendaraan bermotor di kampus.

"Unnes memasukkan konservasi dalam kurikulum pembelajaran, yakni melalui mata kuliah pendidikan lingkungan hidup. Sedangkan dalam konsep pengembangan lingkungan, selain mengurangi aktifitas kendaraan bermotor pada saat jam kerja, Unnes juga mengedepankan prinsip pembangunan ramah lingkungan," jelas Prof Dewi Liesnoor.

Sementara itu, Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman MHum mengungkapkan konsistensi Unnes menjalin kerjasama terkait konservasi lingkungan, merupakan upaya nyata Unnes untuk mengajak berbagai instansi dalam rangka meminimalisir dampak dari pemanasan global.

UNS Unnes

(Salsa Salima)