Logo Baru Unnes, Perlukah?

SEMARANG, cahUnnes.com - Wacana perubahan logo Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi perbincangan civitas akademika Universitas Konservasi. Wacana tersebut bergulir setelah Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Prof YL Sukestiyarno memperkenalkan draft logo baru Unnes saat mengisi pelatihan kehumasan, Kamis (6/8/2015).

Pro dan kontra pun bermunculan di jagad sosial media, namun Prof YL Sukestiyarno berdalih logo baru Unnes itu diwacanakan berdasarkan survei di situs Unnes dan dilanjutkan dengan lomba desain logo Unnes di awal tahun 2014 yang lalu.

Namun, apakah Unnes memerlukan sebuah logo baru? Beberapa waktu lalu Situs senirupa-unnes.com merilis studi visual logo baru Unnes sebagai bahan pertimbangan.

| Baca: Studi Visual Draft Logo Baru Unnes

Berdasarkan analisis (studi) visual, disimpulkan bahwa draft logo baru Unnes memiliki keunggulan dari sisi keterbaruan dalam mengikuti trend desain. Namun, drat logo baru Unnes juga memiliki beberapa resiko apabila diputuskan sebagai logo pengganti. Sehingga, ada baiknya untuk dilakukan pengkajian ulang.

"Logo baru Unnes memiliki resiko menghilangkan beberapa filosofi yang terkandung dalam logo lama, sulit diaplikasikan dalam media lain dikarenakan tipe logo adalah borderless dengan warna terang, dan memiliki typeface yang satu tipe dengan typeface yang digunakan dalam logo Unesa," tulis laman Seni Rupa.

Logo Baru Unnes

(Bukhori)

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama