Tahun Ajaran Baru, Calon Mahasiswa LPTK Jalani Tes Minat dan Bakat

Advertisement

Tahun Ajaran Baru, Calon Mahasiswa LPTK Jalani Tes Minat dan Bakat

Senin, 21 Desember 2015

SEMARANG, cahUnnes.com – Tahun ajaran baru mendatang Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) akan menerapkan tes bakat minat bagi mahasiswa baru calon guru di lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK).

Direktur Pembelajaran, Ditjen Pembelajaran dan Mahasiswa, Kemenristek Dikti Dr Paristyani Nurwardani mengungkap selama ini rekrutmen mahasiswa untuk calon guru atau bukan memiliki standar yang sama. Diharapkan tes minat dan bakat membuat calon guru benar-benar mampu menjiwai perannya.

“Mulai tahun depan, rekrutmen calon mahasiswa untuk program pendidikan guru di LPTK akan ditambahi dengan tes minat dan bakat. Penerapan tes minat dan bakat merupakan kesepakatan atas pertemuan Kemenristek Dikti dengan 17 pimpinan LPTK di Indonesia,” terangnya, Jumat (18/12/2015) di Semarang.

Bagi calon mahasiswa program pendidikan guru yang tidak lolos tes minat dan bakat, lanjutnya, akan diberikan kesempatan kembali untuk mendaftar hingga dua kali. Ia juga mengungkapkan, saat ini Kemenristek Dikti tengah fokus melakukan revitalisasi LPTK-LPTK di Indonesia yang berjalan secara bertahap.

“Untuk saat ini sudah dilakukan revitalisasi terhadap 17 LPTK. Harapannya 17 LPTK ini berhasil mengajak LPTK-LPTK yang untuk direvitalisasi,” pungkasnya.

BUKHORI