Batik Karya Mahasiswi PKK Unnes Lengkapi Khasanah Motif Batik Nusantara

Advertisement

Batik Karya Mahasiswi PKK Unnes Lengkapi Khasanah Motif Batik Nusantara

Creavida Lentera Inspirasi
Rabu, 15 November 2017

SEMARANG, CAHUNNES.COM - Batik adalah maha karya seni asli Indonesia yang memiliki beraneka ragam motif. Diantara motif yang terkenal adalah mega mendung, lurik, dan wahyu tumurun.

Baru-baru ini mahasiswi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT Unnes) membuat batik dengan motif baru.

Kreasi batik bermotif gulma dan konservasi tersebut dipamerkan saat Seminar Nasional PKK bertajuk Peran Pendidikan Keluarga dalam Membangun Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal, Selasa (14/11/2017).

Dosen Unnes Siti Nurohmah mengatakan motif rekaan itu juga berhasil memecahkan rekor Muri untuk motif pewarnaan dengan gulma terbanyak.

Emma, sapaannya, juga menegaskan, motif yang dibuat saat ini murni hasil kreativitas mahasiswanya dan tidak terpengaruh dengan aksen batik mana pun.

"Beberapa di antaranya kami pamerkan hari ini. Seminar ini juga kami isi dengan pendampingan bagi peserta yang mendaftarkan makalahnya, agar ada tindak lanjut dari karya yang telah mereka buat di masa depan," ujarnya.