Langkah Unnes Mewujudkan Kampus Bereputasi Internasional

[caption id="" align="alignnone" width="838"] Foto: Unnes.ac.id[/caption]

SEMARANG, CAHUNNES.COM - Berbagai upaya dilakukan Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk mencapai visi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah mendorong dosen untuk melakukan publikasi internasional.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman menyebutkan jumlah publikasi internasional yang sudah dihasilkan dosen sampai sekarang ini mencapai 340 jurnal. "Tahun ini, sudah ada sebanyak 340 jurnal yang terpublikasi di jurnal internasional bereputasi. Jumlahnya (publikasi) dari tahun ke tahun terus meningkat," katanya di Semarang, Senin (27/11/2017).

Fathur mengatakan tren publikasi internasional Unnes dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Tahun lalu tercatat ada 260 jurnal yang terpublikasi dan tahun ini sudah mencapai 340 jurnal. Tahun depan Unnes menargetkan minimal 500 publikasi internasional.

"Pertama saya jadi rektor, pada 2014 hanya 60 jurnal. Namun, saya dorong terus para dosen, saya semangati, dan fasilitasi sehingga dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat," katanya.

Ketua LP2M Unnes, Prof Totok Sumaryanto F mengatakan, jumlah publikasi jurnal internasional bereputasi Unnes ditargetkan minimal 300 jurnal, tetapi ternyata terlampaui mencapai 340 jurnal. "Tepatnya, 341 jurnal internasional yang terindeks Scopus. Publikasi jurnal internasional bereputasi ditargetkan minimal 300 jurnal, tetapi ternyata sekarang ini melampaui target," katanya.

Untuk mencapai tujuan itu, kata dia, berbagai upaya peningkatan kinerja dilakukan di bidang tridharma perguruan tinggi agar bisa melampaui standar nasional yang sudah ditetapkan. "Ya, termasuk publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang kami selenggarakan ini," kata Totok.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama