Beberapa Alasan Mengapa Memilih Kos Islami di Unnes

Lingkungan yang baik juga dapat membentuk kepribadian menjadi lebih baik. Salah satu lingkungan yang baik untuk mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah dengan memilih kos islami.

Kos islami atau kos binaan mungkin sama sekali menjadi sesuatu yang asing. Namun, ada banyak alasan baik ketika kamu memilih kos islami saat kuliah di Unnes.

Berikut beberapa ulasan mengapa kos islami di Unnes menjadi pertimbangan bagi kamu yang masih bingung sebagai orang asing di kota lain.

Satu Rumpun Fakultas/ Jurusan


Biasanya kos islami atau kos binaan di Unnes menerapkan ketentuan satu rumpun fakultas/ jurusan bagi penghuninya. Artinya, dalam satu kos tersebut hanya berisi anak-anak yang berkuliah di satu fakultas yang sama.

Hal ini berarti pada setiap rumpun fakultas atau jurusan di Unnes memiliki kos islami atau kos binaan. Kalau kos islami di Unnes seperti kos binaan Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial dan seterusnya.

Dengan sistem seperti ini kamu sebagai mahasiswa yang ngekos di kos islami Unnes dapat belajar pada kakak-kakak tingkat satu jurusan yang ada di kos tersebut.

Keuntungan lain di kos islami Unnes, selain belajar terkait akademik bisa jadi kamu akan mendapatkan bonus tambahan. Yakni kamu berpotensi mendapat bonus berupa buku ajar yang tidak lagi digunakan kakak tingkat. Pun hal lain tips non-akademik seperti tempat makan murah, organisasi dan peluang prestasi lainnya.


Dekat dengan Kampus


Karena kos binaan di Unnes penghuninya berdasarkan rumpun fakultas atau jurusan, biasanya lokasi kos islami dekat dengan kampus Unnes.

Jarak antara kos islami dengan kampus Unnes biasanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Menjadi nilai tambah sendiri bagi mahasiswa Unnes yang tidak dibakali motor oleh orangtuanya.


Koneksi Jaringan Luas


Biasanya kos islami atau kos binaan di Unnes memiliki forum yang lebih luas. Selain teman kos satu fakultas, kamu juga akan dipertemukan dengan teman fakultas lain dalam satu forum. Misalnya karena ada perlombaan antar kos binaan, kajian, kerja bakti, olahraga dan kegiatan lainnya.

Dengan adanya jaringan dengan kos binaan lainnya dalam satu kampus, akan terjadi proses tukar ilmu, pengalaman, malasah dan tentunya solusi. Ngekos di kos binaan di Unnes kamu akan mendapatkan pergaulan yang lebih luas dari anak kos pada umumnya.

Teratur dan Disiplin


Setiap kos islami atau kos binaan di Unnes biasanya memiliki aturan dasar dan filosofi tersendiri. Tentu aturan ini dibuat demi kepentingan dan kenyamanan bersama selama tinggal di kos islami Unnes.

Salah satu aturan yang paling umum adalah tentang piket kebersihan kos. Ada semacam giliran piket kebersihan harian dan mingguan, pada waktu tertentu pun kerap dilakukan kerja bakti bersama membersihkan kos secara besar-besaran.


Terjaga Kehormatannya


Meskipun tidak ada pemberitaan yang masif mengenai hal ini, namun pergaulan bebas mahasiswa seperti seks bebas memang harus diakui nyata adanya.

Kos binaan di Unnes bisa menjadi alternatif bagi mahasiswa untuk menjaga dirinya agar tidak terjerumus ke pergaulan bebasa semacam itu. Kos islami di Unnes melarang penghuninya membawa lawan jenis ke dalam kos, meskipun itu orangtua atau pun saudaranya sendiri.


Berislam Secara Sempurna


Salah satu aturan dasar yang biasanya diterapkan pada kos binaan adalah salat berjamaah di masjid. Jika penghuni kos dalam kondisi fisik yang sehat, apapun alasannya budaya salat berjamaah di masjid adalah wajib.

elain itu, sangatlah lazim dilakukan pertemuan mingguan sebagai bahan evaluasi akhlak, akademis dan kondisi kos. Pada pertemuan semacam itu biasanya diundang tokoh kampus untuk memberikan tausiyah inspiratif tentang agama dan perkuliahan.

Tentu saja budaya sunnah seperti puasa senin kamis, puasa ayyamul bidh (puasa tiga hari tangga 13, 14, 15 bulan hijriah), salat dhuha, tadarus dan tilawah Quran bahkan hingga hafalan Quran bersama adalah hal biasa yang dilakukan di kos binaan.



Jadi, masihkah kamu punya alasan untuk tidak memilih kos binaan?

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama