Iklan

Creavida Lentera Inspirasi
Rabu, 17 Januari 2018, Januari 17, 2018 WIB
Last Updated 2019-09-20T07:14:41Z
Beasiswa UnnesSeputar Unnes

Berikut Beberapa Daftar Beasiswa Unnes yang Bisa Kamu Dapatkan

Tidak diterima program beasiswa Bidikmisi di Unnes? Jika kamu berasal dari keluarga kurang mampu tidak diterima beasiswa Bidikmisi Unnes bukanlah akhir dari semuanya.

Unnes menyediakan berbagai macam alternatif beasiswa bagi kamu yang melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Konservasi ini.

Beberapa beasiswa yang disediakan Unnes ini setidaknya dapat membantu meringankan biaya pendidikan yang harus kamu bayarkan.

Beasiswa di Unnes


Untuk mengetahui informasi pendaftaran dan syarat beasiswa yang ada di Unnes. Kamu bisa rajin-rajin mengunjungi situs http://beasiswa.unnes.ac.id.

Berikut kami informasikan beasiswa-beasiswa yang ada di Unnes;

1. Beasiswa BPP - PPA

Beasiswa tersebut terkait dengan pengembangan potensi akademik. Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa yang memiliki nilai IPK bagus, namun mengalami kesulitam ekonomi. Mahasiswa yang termasuk dalam kategori ini dapat memohon beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), BBP-PPA (Bantuan Biaya Pendidikan-Peningkatan Prestasi Akademik), dan Supersemar. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di fakultas masing-masing atau melalui portal http://beasiswa.unnes.ac.id.

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ditujukan bagi siswa/mahasiswa berprestasi, guru berprestasi, peraih medali olimpiade internasional, juara tingkat nasional atau internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olahraga, pegawai/karyawan berprestasi yang mendapatkan persetujuan dan diusulkan oleh atasan, seniman, serta pegiat sosial.

Selain beasiswa degree untuk program gelar S1, S2, dan S3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi juga menyediakan beasiswa non-degree. Beasiswa non gelar ini diperuntukkan bagi guru, tenaga kependidikan pada tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK, pegiat budaya, seniman dan pegiat sosial kecuali dosen untuk mengikuti program residensi, menjadi pembicara dalam workshop atau konferensi, utamanya bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pelamar yang berminat dapat memanfaatkan Beasiswa Unggulan Berprestasi untuk melanjutkan studi jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) di dalam negeri atau mengikuti program non degree yang diminati. Yang menarik dari beasiswa ini, pelamar bisa berasal dari mahasiswa baru atau mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan (on going).

Beasiswa yang diberikan untuk program gelar S1, S2, dan S3 dapat berupa biaya pendidikan (tuition fee), biaya hidup, dan biaya buku.

3. Beasiswa Setiakawan

Beasiswa Setia Kawan Masyarakat adalah beasiswa yang dananya dihimpun dari masyarakat untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi akademik atau non-akademik.

Dana dari masyarakat tersebut ditampung dan disalurkan oleh Dewan Pertimbangan Unnes sebagai beasiswa full study yang meng-cover seluruh biaya kuliah mahasiswa selama studi (8 semester).

4. Beasiswa BUMN

Beasiswa BUMN adalah beasiswa yang disedikan oleh instansi atau perusahaan BUMN untuk mahasiswa S1.

5. Beasiswa Pemprov

Beasiswa Pemprov adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah provinsi kepada mahasiswa yang berasal dari provinsi bersangkutan.

6. Beasiswa Rumah Amal Lazis Unnes

Beasiswa Rumah Amal Lazis Unnes adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa muslim Unnes. Kuota dari beasiswa Lazis Unnes hanya untuk 100 mahasiswa. Adapun beasiswa berlaku selama 6 bulan dengan besaran beasiswa Rp. 2.400.000. Informasi selengkapnya dapat berkunjung ke www.lazisunnes.org

7. Beasiswa Bank Indonesia

8. Besiswa Supersemar

9. VDMS

Beasiswa Van Deventer-Maas Sticthting (VDMS) dengan dasar hibah, tergantung keadaan mahasiswa, tingkat pendidikan, dan biaya ekstra selama satu semester.

Berikut adalah kriteria penerima beasiswa VDMS:

Mahasiswa kurang mampu
IPK lebih dari 3,0
Memiliki motivasi yang tinggi
Aktif secara social
Beasiswa VDMS diberikan mulai dari tahun kedua kuliah hingga lulus. Mahasiswa baru yang memenuhi syarat juga bisa mendapatkan beasiswa ini dengan melakukan registrasi secara online. Mereka dipilih oleh staf kantor VDMS Yogyakarta. Organisasi mitra VDMS akan memverifikasi dokumen mahasiswa. Mahasiswa akan dimonitoring secara online dua kali setahun. Mahasiswa harus mengikuti pelatihan yang diadakan oleh VDMS. VDMS akan mengelola administrasi dan beasiswa secara online. Informasi beasiswa VDMS dapat dilihat di www.vandeventermaas.org

10. Beasiswa Yayasan Salim
11. Beasiswa Bank BTN
12. Beasiswa Afirmasi Papua
13. Beasiswa Pertamina
14. Beasiswa Djarum
15. Beasiswa I-MHERE
16. Beasiswa PHKI-B

Demikian informasi beasiswa yang bisa kamu dapatkan saat kuliah di Unnes. Biasanya persyaratan dari masing-masing beasiswa adalah tidak diperkenankan menerima beasiswa apabila sudah mendapatkan beasiswa dari pihak lain.