Profil Jurusan PG PAUD Unnes



Program Studi PG PAUD FIP Unnes menyelenggarakan pendidikan akademik untuk menghasilkan sarjana pendidikan di bidang pendidikan anak usia dini yang mengembangkan kajian, penelitian, pelatihan dibidang pendidikan anak usia dini serta menyelenggarakan bimbingan, pendampingan, advokasi, dan bantuan profesional kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini.

Visi Jurusan PG PAUD Unnes

Menjadi pusat unggulan inovasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Misi Jurusan PG PAUD Unnes

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan inovatif untuk mempersiapkan tenaga pendidik di bidang pendidikan anak usia dini yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

  2. Menyelenggarakan kajian, penelitian, pengembangan, dan pelatihan di bidang pendidikan anak usia dini yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

  3. Menyelenggarakan bimbingan, pendampingan, advokasi, dan bantuan profesional kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini yang berwawasan konservasi.

  4. Mengembangkan jejaring dan kemitraan tingkat nasional, regional, dan internasional dengan berprinsip pada good government dalam bidang pendidikan anak usia dini.




Profil Mahasiswa PG PAUD Unnes

Mahasiswa S1 PG PAUD Unnes sebagian berasal dari kota/kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta, dan Luar Jawa. Pada tahun 2012 dan 2013 Jurusan PG PAUD menerima mahasiswa dari Turki.  Prestasi akademik mahasiswa tergolong membanggakan, Indeks prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh rata-rata 3,41. Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan tergolong tertib. Setiap tahun menerima mahasiswa sejumlah 120 dari 1800 calon mahasiswa yang mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri Unnes.



Dosen

Jurusan S1 PG PAUD Unnes memiliki dosen sebanyak 17 orang dan 1 orang tenaga kependidikan. Kualifikasi akademik S3 sebanyak 2 orang, 2 dosen sedang menyelesaikan studi S3, kualifikasi akademik S2 sebanyak 11 orang. Selain menempuh pendidikan di dalam negeri juga menepuh pendidikan di luar negeri yaitu Monash University, Auckland University, Central China Normal University dan University of Hull Inggris.

Keunggulan

  1. Memiliki dosen lulusan dari dalam negeri dan luar negeri

  2. Memiliki dosen tersertifikasi dalam pengajaran kelas internasional

  3. Mengimplementasikan kurikulum internasional

  4. Input mahasiswa dari dalam negeri dan luar negeri

  5. Memiliki ruang kelas terstandar internasional

  6. Memiliki laboratorium microteaching, laboratorium tumbuh kembang anak dan gizi, laboratorium musik, ruang recording, dan ruang galeri

  7. Penghasil produk-produk media PAUD

  8. Memiliki jalinan kerjasama nasional dan internasional

  9. Memiliki forum ilmiah PAUD internasional dalam bentuk Semarang Early Childhood Research and Education Talk (SECRET)




Kerja Sama

Program Studi PG PAUD FIP Unnes telah menjalin kerjasama dengan lembaga atau pihak yang terkait dengan anak usia dini baik di dalam maupun di luar negeri, diantaranya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Lab School UNNES, Universitas Bengkulu, TK Cikal, Yayasan Widya Pratama, TK Pertiwi 45 Kalisegoro, KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman II, Prodi PGPAUD Universitas Negeri Malang, Komisi Nasional Perlindungan Anak, TK Pembina Demak, TK Talenta, TK Negeri Pembina Kintelan, TK Negeri LB Kota Semarang, KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman,TK Miftakhul Jannah, TK Nasima, PAUD Taman Belia Candi, TK Sendang Mulyo, dan bekerja sama dengan TVRI dalam kegiatan gelar karya mahasiswa.

Sementara itu, kerjasama dengan pihak luar negeri diantaranya Association for Early Childhood Educators Singapore, Australian Chatolic University, Hongkong Institute of Education, National Association of Early Childhood Education, ROC, Creative Writing Programme, Faculty of Art, Whitireia New Zealand, University of South Australia, University Pendidikan Sultan Idris Malaysia, University of Hull Inggris, University of Auckland, Trnava University Slovakia, dan University of Adger Norway.

Gelar Lulusan:

Kelas Reguler              : Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Kelas Internasional     : Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Akreditasi:

Akreditasi A (Unggul) berdasarkan SK BAN-PT No.248/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 Berlaku sampai 1 Agustus 2022.

Alamat

Prodi PG PAUD FIP Unnes, Kampus Sekaran Gedung A3 Lantai I Gunungpati Semarang 50229.

Telepon (024)86455497

Email: [email protected]

Website: http://paud.unnes.ac.id

 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama