Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Unnes

Praktik Kerja Lapangan Universitas Negeri Semarang (PKL Unnes) adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa program studi nonkependidikan dan mahasiswa program studi kependidikan tertentu sesuai dengan tuntutan kurikulum sebagai penerapan teori yang telah diperoleh agar yang bersangkutan memperoleh pengalaman kerja di lapangan yang sesuai dengan bidangnya.

Ketentuan Umum PKL Unnes

1. PKL merupakan kegiatan kurikuler yang terdapat dalam struktur kurikulum Program S1 yang bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja yang relevan sehingga yang bersangkutan memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memadai di bidangnya.

2. Bobot kredit PKL program studi nonkependidikan adalah 4 SKS, sedangkan bobot kredit PKL program studi kependidikan tertentu diatur oleh masing-masing Program Studi. Satu SKS terdiri atas kegiatan selama 4 sampai 5 jam perminggu selama 1 semester, sehingga pelaksanaan PKL mahasiswa program S1 nonkependidikan di instansi mitra minimal selama 20 hari kerja dengan 8 jam kerja/hari (=160 jam). Dengan mengambil standar minimal PKL 4 sks (4 sks x 4 jam x 16 minggu = 256 jam), maka kegiatan PKL terdiri atas (a) Pembekalan, orientasi & observasi selama 48 jam, (b) Pelaksanaan di institusi mitra selama 160 jam dan (c) Penyusunan laporan harian selama 48 jam.

3. Masa berlaku matakuliah PKL adalah satu tahun terhitung mulai semester pada waktu mahasiswa mengisikan di KRS.

4. PKL dilaksanakan menurut sistem blok, sistem blok berlapis, atau sistem lain yang disepakati dengan institusi mitra.

5. Persyaratan mahasiswa dapat mengikuti PKL apabila telah menempuh kuliah sekurang-kurangnya 90 SKS tanpa nilai E yang dibuktikan dengan Kartu Hasil Studi (KHS).

6. Administrasi PKL meliputi:

1) Pembayaran biaya PKL dilakukan bersamaan dengan pembayaran SPP pada awal semester VII
2) Pendaftaran PKL ke Program Studi. (i) Mahasiswa melakukan pendaftaran manual di jurusan dengan melampirkan KHS, (ii) Mahasiswa mengajukan pemesanan mata kuliah PKL, secara online di menu SIKADU, (iii) Mahasiswa melakukan pendaftaran PKL secara on-line di menu SIKADU.
3) Pengisian KRS yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal registrasi akademik

Untuk informasi lebih lengkapnya berikut kami lampirkan Panduan PKL Unnes. Download Panduan PKL Unnes disini.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama