Pedoman Pelaksanaan KKN Alternatif Unnes

Advertisement

Pedoman Pelaksanaan KKN Alternatif Unnes

Kamis, 24 Mei 2018


KKN alternatif Unnes adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar kampus guna memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam hal kewirausahaan, penerapan teknologi, pelatihan dan pembinaan IPTEKS dan seni yang dikuasai pada sekelompok masyarakat tertentu. KKN alternatif dimaksudkan untuk membantu masyarakat sebagai lembaga mitra dalam menanggulangi masalah-masalah IPTEKS yang dihadapinya, sehingga dapat ditemukan solusi penyelesaiannya secara bersama.


Sistematika Usulan KKN Alternatif Unnes

Untuk mengikuti KKN Alternatif Unnes, kamu terlabih dahulu harus membuat pengajuan proposal/ program KKN. Adapun untuk sistematika usulan KKN Alternatif adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan font Times New Roman; Size 12; space 1,5; batas tepi atas dan Kiri 4cm, batas tepi kanan dan bawah 3 cm dan ukuran kertas A-4.
  2. Penomoran halaman menggunakan nomor urut angka romawi nomor urut angka arab pada tengah bawah. Gambar dan tabeldiberi judul dan petunjuk nomor urut angka arab.
  3. Proposal disusun dalam ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, tegas, padat dan jelas.
  4. Jumlah proposal 1 eksemplar.


Kerangka Proposal KKN alternatif serta mengikuti sistematika berikut:
  1. Halaman Sampul
  2. Halaman Pengesahan
  3. Identitas dan Uraian Umum
  4. Daftar Isi
  5. Ringkasan (Maksimum satu halaman)

Kemukakan tujuan dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana program yang akan diusulkan dan di tulis dengan jarak 1 spasi dan maksimal satu lembar.

Adapun kerangka selanjutnya adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
  1. Pendahuluan membahas secara rinci tentang Analisis Situasi yang meliputi potensi, keadaan Wilayah (geografis), Aspek Pendidikan, Budaya, religi, Kesehatan, Ekonomi, mutu layanan, lingkungan, kehidupan masyarakat dan aspek lain yang ada di wilayah yang di usulkan.
  2. Penjelasan usulan penyelesaian permasalahan dan bagaimana cara pemberdayaan masyarakat supaya program dapat berjalan secara berkelanjutan
  3. Teknologi/metoda/kebijakan/konsep yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan dan uraikan alasannya;
  4. Lembaga nyang menjadi mitra Program KKN disertai dengan profil singkat lembaga/mitra;
  5. Susunan profil legkap kelompok sasaran beserta potennsi/permasalahannya.

BAB II TARGET DAN LUARAN

Jelaskan secara rinci indicator capaian program/produk dalam program yang akan di laksanakan, missal peningkatan produksi, efisiensi biaya perbaikan system, peningkatan partisipasi masyarakat, peningkatan swadana, publikasi, pengelolaan sumber daya manusia/alam dan indicator lainnya. (jelaskan tiap program).

BAB III METODE PELAKSANAAN
  1. Uraian singkat tentang Tematik Desa yang akan di kerjakan;
  2. Persiapan Pelaksanaan program;
  3. Pelaksanaan
  4. Road Map Program Kerja
  5. Keberlanjutan Program

BAB IV KELAYAKAN PENGUSUL

Jelaskan bahwa rencana program ini dapat dilakukan di masyarakat dengan di jelaskan jurusan, bidang keahlian, prestasi yang pernah diperoleh oleh setiap anggota pengusul.

BAB V PEMBIYAAN DAN RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
  1. Ringkasan Pembiayaan per bidang.
  2. Jadwal dan tempat kegiatan
  3. Rencana pelaksanaan program disusun dalam bentuk bar chart yang berisi jenis kegiatan, Penanggungjawab dan waktu pelaksaaan.

BAB VI PENUTUP

Penutup ditanda tangani oleh calon Koordinator Mahasiswa dan Kepala Pusat Pengembangan KKN Unnes.

REFERENSI

Referensi disusun berdasarkan system nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dan diacu dalam usulan yang dicantumkan dalam refefensi.

LAMPIRAN
  1. Biodata Pengusul
  2. Peta Lokasi
  3. Surat Ijin (Kesepakatan) dari Kelurahan/Desa (ditanda tangani oleh Perwakilan mahasiswa (materai) dan Lurah/Kepala Desa)
  4. Rencana Anggaran Biaya
  5. Dokumentasi pendukung



Format Program Kerja KKN Alternatif Unnes

Berikut kami lampiran format program kerja KKN Alternatif Unnes sebagai panduan untuk mengisi program kerja KKN yang akan kamu lakukan. Silakan downlod format kerja KKN alternatif Unnes disini.

Pedoman Pelaksanaan KKN Alternatif Unnes

Untuk lebih lengkapnya berikut kami lampirkan Pedoman Pelaksanaan KKN Alternatif Unnes. Silakan downlod filenya disini.

Contoh Proposal Pengajuan Program KKN Alternatif Unnes

Untuk mempermudah kamu membuat proposal KKN Alternatif Unnes, berikut kami lampirkan contoh proposal pengajuan program KKN Alternatif Unnes. Contoh proposal pengajuan program KKN Alternatif Unnes dapat diunduh disini.