Dosen UI Tanam Sayur Hidroponik di Area FH UI

Advertisement

Dosen UI Tanam Sayur Hidroponik di Area FH UI

Rabu, 13 November 2019


SEMARANG, cahunnes.com - Yuli Indrawati, Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menanam sayur hidroponik di areal parkir belakang kampus FHUI, Depok. Alhasil areal parkir tersebut berubah menjadi taman cantik dan asri.

Untuk membangun taman tersebut, Yuli menggandeng para dosen dan staf FHUI lainnya. Hanya dalam waktu 40 hari mengelola tanaman hidroponik dan kini telah tumbuh menjadi tanaman siap panen.

Sayurannya pun lebih besar, bersih, lebih “crunchy”, lebih nikmat dan sehat karena dirawat tanpa pestisida dan diambil langsung dari tempat tanamnya. Sayuran yang dipanen kemudian dibagikan kepada para dosen dan tenaga Pendidikan.

“Saya mengusulkan untuk membangun taman hidroponik di dalam kampus FHUI agar dapat turut mendukung kampanye UI green campus,” terangnya, Jumat, (08/11/2019)

Menurutnya, tanaman hidroponik memiliki keunggulan dapat memanfaatkan lahan terbatas, tanpa kotor, tanpa pestisida dan pengelolaannya dapat dilakukan oleh setiap sivitas akademika atau bahkan pensiunan FHUI. Hal ini karena tidak memakan waktu lama – cukup menyisihkan waktu 10 menit perawatan, tanaman dapat dipastikan tumbuh sehat.”

Dalam membuat taman tersebut, Yuli memanfaatkan dana hibah pengabdian masyarakat yang dimanfaatkan untuk menggelar pelatihan hidroponik dan penyediaan unit/media tanam. Sedangkan dana yang diterima dari penjualan sayuran yang dihasilkan digunakan untuk membiayai keberlangsungan dan pengembangan pola tanam serta dibagikan kepada pelaku kegiatan.

Selain itu, kelanjutan dari program ini adalah pengembangan laboratorium pertanian – lahan percontohan, dimana pensiunan dan karyawan yang dilatih dapat bertindak selaku mentor bagi karyawan UI ataupun pihak yang berminat untuk mempelajarinya.

“Kami berharap, konsep “green campus” dengan hidroponik melalui pemberdayaan pensiunan dan karyawan fakultas dapat dikembangkan dan diterapkan di UI maupun instansi lain,” tutup Yuli.

Sumber: Kabar Kampus