Kumpulkan Seniman Rupa Indonesia, FBS Unnes Gelar “Guyub Rupa 9”

Advertisement

Kumpulkan Seniman Rupa Indonesia, FBS Unnes Gelar “Guyub Rupa 9”

Senin, 04 November 2019


SEMARANG, cahunnes.com - Dalam rangka mengumpulkan seniman-seniman rupa Indonesia, Mahasiswa FBS Unnes Jurusan Seni Rupa menggelar “Guyub Rupa 9” dengan tajuk “Rong” di Galeri B9, FBS Unnes pada Jumat sampai Kamis (1-7/11).

Guyub Rupa sendiri merupakan acara yang dihelat oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan Seni Rupa FBS Unnes per tiga angkatan sebagai acara rutin tiap tahun.

“Kalau acara ini sendiri memang tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan seniman-seniman rupa Indonesia, baik itu dari universitas maupun umum. Supaya bisa guyub, bisa kumpul dan sharing-sharing,” kata Risky selaku panitia pengkaryaan sekaligus kuratorial.

Berbicara perihal tema, Risky mengatakan bahwa tahun ini mengangkat “Rong” yang berarti rumah dalam artian esensial. Bahwa rumah tidak hanya diartikan dalam bentuk material saja.

“Untuk pengambilan tema memang kami sepakat bahwa arti dari rumah sendiri bukan hanya berbentuk fisik. Tidak hanya secara material. Akan tetapi bisa sebagai tempat berpulang, tempat pelarian, tempat bersuka ria bahkan tempat paling kelam,” jelas dia.

Dalam acara tersebut ia mengatakan bahwa pihak panitia telah membuka open submission bagi para seniman yang ingin karyanya dipamerkan. Sekitar 80 an partisipan mengirim, dan ada 35 karya dari 35 orang yang diterima melalui salah satunya kuratorial yang disesuaikan dengan tema acara.

“Bentuk seleksinya sendiri sih yang paling utama, kami melihat karya yang dihadirkan apakah sesuai dengan representasi tema yang kami usung. Jika iya maka lolos untuk dipamerkan. Banyak yang juga datang dari berbagai kota, salah satunya Surabaya,”kata dia.

Selain acara pameran, “Guyub Rupa 9” juga menyajikan berbagai agenda lain. Seperti panggung musik, workshop lukis-patch-kolase, artis talkshow.

“Jadi bentuk acaranya sendiri tidak hanya pameran karya. Ada panggung musik, terus workshop-workshop yang tiga itu, sama artis talk dari Mas Rudy Murdock,” pungkas dia.

Sumber: Sigijateng