Tim KKN Unnes Gelar Seminar Untuk Mengangkat Potensi Wisata Pekalongan

Advertisement

Tim KKN Unnes Gelar Seminar Untuk Mengangkat Potensi Wisata Pekalongan

Rabu, 13 November 2019


SEMARANG, cahunnes.com - Memiliki bentang alam yang beragam mulai dari laut hingga pegunungan, Kabupaten Pekalongan kaya akan potensi wisata alam. Namun keunggulan potensi tersebut belum banyak diketahui masyarakat. Untuk mengedukasi masyarakat terkait potensi dan bagaimana pengelolaan wisata, menginspirasi tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unnes untuk menggelasr seminar pariwisata.

Seminar yang digagas Tim KKN Unnes Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan itu menyelenggarakan seminar di SMAN 1 Talun, Kamis (13/11/2019).

Acara ini menghadirkan beberapa nara sumber berpengalaman dibidangnya, antara lain Duta Pariwisata Semarang, Kenang Rico Gustianza. Duta Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Saela Malina dan Miftakhul Nirwan. Serta perwakilan Dinporapar Kabupaten Pekalongan, Joyo Purnomo.

Beberapa materi disampaikan pada acara yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI SMAN 1 Talun tersebut. Diantaranya adalah materi Sapta Pesona untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai kesadaran dalam mewujudkan minat wisata. Materi peran pemuda dalam pariwisata untuk mendorong partisipasi pemuda mengangkat potensi pariwisata daerah serta pengelolaannya. Terakhir materi public speaking untuk melatih peserta agar mampu menempatkan diri dalam masyarakat dan mengambil peran aktif.

Tim KKN berharap kegaitan ini dapat berkontribusi besar bagi masyarakat seperti mampu mengenali potensi alam desa dan mewujudkan dalam membantu perekonomian desa.

Berguna bagi pengetahuan pemuda-pemudi setempat sebagai anggota masyarakat.

Pewarta: Bukhari
Foto: Tribun Jateng