Profil Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes


Bimbingan dan Konseling didirikan pada tahun 1965. Pada tahun 1984, prodi ini berubah nama menjadi Pendidikan Psikologi dan Bimbingan, Fakultas Pendidikan IKIP Semarang. Pada tahun 2000, kembali diubah menjadi Bimbingan dan Konseling (BK). Pada 2007, Departemen Bimbingan dan Konseling mendirikan Konselor Pendidikan Profesional.


Bimbingan dan Konseling mempersiapkan para sarjana dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling pada siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, para sarjana memiliki wewenang sebagai guru bimbingan dan konseling di sekolah dasar, komunitas sosial, dosen bimbingan dan konseling, dan bimbingan dan konseling profesional bagi pelestarian wawasan instruktur.




Visi Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Menjadi program studi Bimbingan dan Konseling yang berwawasan konservasi dan bereputasi Internasional.


Misi Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan sesuai dengan kurikulum berdasarkan pedoman akademik UNNES dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku, serta diselenggarakan dalam suasana akademik yang berwawasan konservasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya yang inspiratif, berwawasan konservasi, dan bereputasi internasional dalam bidang bimbingan dan konseling
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu bimbingan dan konseling yang memandirikan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan berkelanjutan (continuing education) untuk meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalitas konselor.
  5. Menjalin kerjasama bidang pendidikan pada tingkat nasional dan internasional serta meningkatkan partisipasi masyarakat (stakeholder) dalam pembangunan pendidikan nasional.

Tujuan Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes


Program studi Bimbingan dan Konseling (S1) diselenggarakan untuk menghasilkan pendidik, asisten peneliti, laboran, pengembang media, wirausahawan, motivator pada bidang Bimbingan dan Konseling yang berkepribadian Pancasila, berwawasan konservasi, dan bereputasi Internasional.


Profil Lulusan Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes


ProfilDeskripsi Profil
Pendidik bidang bimbingan dan konselingPendidik, termasuk tutor, instruktur, dan fasilitator, bidang bimbingan dan konseling berkepribadian Pancasila dan berwawasan konservasi yang mampu menyelenggarakan pelayanan bimbingan dan konseling yang memandirikan pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan setting komunitas.
Asisten peneliti bidang bimbingan dan konselingAsisten penelitian bidang bimbingan dan konseling berkepribadian Pancasila dan berwawasan konservasi yang mampu melaksanakan prosedur penelitian bidang bimbingan dan konseling baik dalam seting pendidikan maupun non- pendidikan.
Laboran bimbingan dan konselingLaboran bimbingan dan konseling berkepribadian Pancasila dan berwawasan konservasi yang mampu melaksanakan pelayanan dan administrasi laboratorium bimbingan dan konseling.
Pengembang media bidang bimbingan dan konselingPengembang media bidang bimbingan dan konseling berkepribadian Pancasila dan berwawasan konservasi yang mampu merancang dan mengembangan media bidang bimbingan dan konseling baik secara audio, visual, ataupun audio visual yang berbasis material digital dan atau non digital.
Wirausahawan bidang    bimbingan dan konselingWirausahawan bidang bimbingan dan konseling berkepribadian Pancasila dan berwawasan konservasi yang mampu berwirausaha secara multidisiplin mengembangkan usaha ataupun startup baik secara khusus pada bidang bimbingan dan konseling ataupun bidang umum.
MotivatorMotivator berkepribadian Pancasila dan berwawasan konservasi yang mampu memberikan layanan pengembangan diri dan motivasi baik dalam seting pendidikan maupun non- pendidikan.

Testimoni Terkait Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes



“..Mengambil pendidikan di BK Unnes memberikan banyak pengalaman belajar yang membekali saya ketika menjadi guru dan dosen BK saat ini ..” Siti Aminah, S.Pd., M.Pd. (Dosen CPNS program studi Bimbingan dan Konseling FIP UNY)

“..Selama studi saya di Bimbingan dan Konseling FIP Unnes saya mendapatkan pembelajaran yang berkualitas untuk menumbuhkan kompetensi konselor yang bermartabat ..“. Agus Supriyanto, S.Pd., M.Pd. (Dosen Bimbingan dan Konseling UAD Yogyakarta)

“Memang, tidak ada keraguan bahwa Bimbingan dan Konseling FIP Unnes telah menghasilkan banyak pekerja profesional yang stabil dan siap untuk mengambil bagian dalam dunia kerja. Bimbingan dan Konseling, Yes We Can!! “. Faskhau Maulvi Alim, S.Pd. (Guru Bimbingan dan Konseling SMA Kesatrian 1 Semarang )

“Pengalaman berharga yang saya dapatkan di Unnes adalah saya bisa mengikuti komunitas film di Unnes, di sana saya bisa mendapatkan banyak pengalaman, pada dasarnya terima kasih kepada Bimbingan dan Konseling Unnes telah membentuk kepribadian saya seperti sekarang. Semoga BK Unnes bisa lebih maju dan go international ” Danang Januar, S. Pd., Gr.

“Bimbingan dan Konseling UNNES memiliki komitmen tinggi pada para alumninya untuk menerima penghargaan dari publik atas prestasi mereka, semoga BK Unnes akan lebih sukses di masa depan.” Dr. Rini Rahmawati, M. Pd. (Dosen Universitas PGRI Semarang)

“Pembelajarannya sangat menyenangkan, tidak hanya dalam teori tetapi juga dalam praktiknya, banyak diskusi, banyak kasus yang harus dibahas terutama kursus konseling kami harus dalam bentuk presentasi, diskusi, dan praktik di laboratorium.” Dr. H. Adi Atmoko, M.Si. (Dosen Universitas Negeri Malang)


Alamat Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes


Gedung A2 Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Semarang 50229

Telp: 024- 8508024, e-mail [email protected] 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama