Aturan dan Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Seleksi Mandiri Unnes


SEKARAN - Seperti ketentuan yang telah ditetapkan, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Seleksi Mandiri (SM) dalam dua model, yakni offline di lokasi ujian dan online dari rumah. Kedua ujian tersebut memiliki aturan dan persiapan teknis yang berbeda.

Ujian offline akan dilaksanakan di Kampus Unnes pada tanggal 13-18 Juli 2022, sementara bagi peserta online atau ujian berbasis komputer akan dimulai tanggal 19-20 Juli 2022 dari domisili atau rumah masing-masing.

Untuk detail lebih lengkapnya berikut rincian ketentuan Seleksi Mandiri Unnes.

Aturan Ujian SM Unnes Offline

  • Peserta wajib hadir di lokasi 30 menit sebelum pelaksanaan tes
  • Membawa kartu peserta dan identitas diri (KTP/Kartu Pelajar/SIM)
  • Mengenakan sepatu dan berpakaian bebas rapi (bukan kaos tanpa kerah)
  • Menaati protokol kesehatan

Aturan Ujian SM Unnes Online

  1. Peserta berada sendiri di ruangan yang nyaman, layak, pencahayaan cukup dan tidak ada suara yang mengganggu.
  2. Menyediakan 1 perangkat komputer atau laptop berkamera untuk akses aplikasi ujian online dan 1 perangkat smartphone berkamera untuk mengakses aplikasi zoom.
  3. Siapkan juga kartu ujian dan kartu identitas peserta
  4. Pastikan daya listrik tersedia selama tes online serta koneksi internet peserta yang stabil dengan kecepatan lebih dari 5 MBps


Langkah Ujian SM Unnes Online

  1. Siapkan laptop atau PC yang sudah terhubung dengan internet dan pastikan sudah terinstal aplikasi Google Chrome dengan versi terbaru.
  2. Letakkan handphone yang sudah bergabung dengan zoom tepat berada di sisi samping belakang atau sampai pengawas bisa melihat peserta duduk di depan laptop saat peserta mengakses aplikasi ujian online
  3. Akan dilakukan verifikasi data diri peserta oleh pengawas ujian dengan menunjukkan kartu ujian dan kartu identitas.
  4. Pengawas melakukan pengecekan terhadap sisi ruangan peserta.

Tes berbasis komputer baik offline maupun online setiap hari dilaksanakan dalam 3 sesi. Untuk sesi 1 mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB, sesi 2 pukul 11.00 sampai 13.00 WIB, dan sesi 3 pukul 14.00 sampai 16.00 WIB dengan materi tes Bahasa Inggris dan TPA.

Hasil Seleksi Mandiri UNNES 2022 akan diumumkan pada tanggal 26 Juli 2022 pukul 17.00 WIB secara online melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama