Tim Pandawa Akan Luncurkan Mobil Irit Bahan Bakar Pada Ajang Shell Eco Marathon 2022


SEKARAN - Tim Pandawa Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan meluncurkan mobil irit bahan bakar prototipe jenis baru. Mobil berkonsep eco green itu akan diluncurkan pada ajang kompetisi Shell Eco Marathon (SEM) 2022.

Dosen Pembimbing Dr Rizqi Fitri Naryanto menjelaskan, Tim Pandawa sejauh ini mengembangkan rancangan konsep desain modifikasi bagian-bagian aeronimasi kendaraan.

"Sesuai regulasi, bobot mobil dikurangi dengan menerapkan sasis berbahan aluminium. Komponen mesin dilakukan penyetelan ulang, sementara itu transmisi rasionya memadukan hasil akhir tuning," jelasnya, dikutip dari Okezone.com, Selasa (12/7/2022).

Tim pandawa, lanjutnya, selain menyempurnakan full efisiensi, juga meningkatkan keselematan dan keamanan kendaraan.

Perlu diketahi Tim Pandawa FT Unnes sebelumnya menyabet dua gelar sekaligus di ajang Shell Marathon Virtual League 2021.


Di ajang itu, Tim Pandawa mengirimkan mobil Pancanaka. Jenis kendaraan ini masuk kategori prototipe yang secara spesifikasi mesin yang digunakan adalah kombinasi listrik dan gasoline.

Mobil hasil pengembangan tim pandawa berkonsep eco green ini, pada pengujian terakhir mampu menembus efisiensi 125 kilometer per liter.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama